Sabtu, 26 Januari 2019

Penjelasan Singkat Tentang Mobile Crane - Crane Information



Sebelum kita menjelajahi jenis crane di pasaran, mari kita pelajari dulu dasar untuk memahami beberapa terminologi crane.

Pada dasarnya, bagian-bagian penting dari setiap derek / crane ini melibatkan :

Ø  Boom : Boom / Teleskopik panjang, atau lengan tetap yang digunakan untuk memindahkan objek dan juga bagian penting dari crane.
Ø  Jib: Lengan proyeksi derek yang memungkinkan kebebasan boom untuk memperpanjang
Ø   Counterweight: Penstabil yang ditempatkan di dekat bagian luar kabin yang mencegah derek menjadi tidak seimbang saat mengangkat beban berat; dengan kata lain, bobot digunakan sebagai penyeimbang
Ø  Rotex Gear: Sebuah gigi besar di bawah kabin operator yang berputar pada 2 putaran per menit (rpm) untuk memberikan crane kemampuan untuk memutar dan mengatur beban
Intinya, crane adalah struktur yang dilengkapi dengan kabel dan katrol yang biasa digunakan dalam industri konstruksi untuk mengangkat dan menurunkan barang serta dalam pembuatan alat berat. Secara keseluruhan, kapasitas angkat dan stabilitas crane adalah kriteria paling penting dalam desain crane. Ada beberapa jenis crane di pasar jadi mari kita baca sedikit tentang penjelasannya :

Mobile Cranes
Seperti namanya, crane ini dipasang pada platform seluler seperti rel atau beroda. Ini adalah jenis paling dasar dari derek yang memiliki rangka baja atau boom teleskopik yang menggantung di dasar dan menggunakan kabel atau silinder hidrolik, boom dapat dinaikkan atau diturunkan. Sering kali dipasang pada kendaraan untuk kenyamanan transportasi, oleh karena itu peralatan tambahan tidak diperlukan untuk mengangkut crane ke lokasi kerja.

Telescopic Cranes
Untuk fleksibilitas menyesuaikan panjang boom, derek teleskopik memiliki boom diperpanjang dengan sejumlah tabung dipasang satu di dalam yang lain. Dengan pengaturan yang cepat, derek teleskopik paling cocok untuk operasi darurat atau penyelamatan. Selain presisi, crane ini mampu memindahkan beban berat dengan akurat dan tidak hanya bergerak dengan mudah tetapi juga mampu mencapai ketinggian yang luar biasa. Tower Cranes Lebih baik digunakan selama konstruksi bangunan tinggi, tower crane adalah bentuk modern dari balance crane. Hal ini karena itu dipasang di tanah selama periode konstruksi dan ditahan dengan memasang di atas bantalan beton yang kuat sehingga baut jangkar dapat tertanam ke dalam bantalan. Dengan aman, ini membantu menyeimbangkan dan menahan derek saat mengangkat beban berat. Sebagian besar menara crane dapat mencapai hingga 265 kaki hingga 230 kaki dengan kapasitas angkat sekitar 20 ton.

Rough Terrain Cranes
 Alat ini dirancang untuk operasi off road, derek dipasang pada undercarriage dengan empat ban karet dan dijalankan pada mesin mesin tunggal di mana engine tunggal memberi tenaga pada undercarriage dan derek. Untuk menaikkan dan menstabilkan crane saat mengangkat, outrigger digunakan untuk memperpanjang crane secara vertikal dan horizontal. Dalam kebanyakan kasus, mesin biasanya dipasang di bagian bawah bukan di bagian atas.

Crawler Cranes
Cranes jenis ini tidak membutuhkan cadik untuk stabilitas, crawler crane dipasang ke sasis dengan satu set trek, bukan ban. Meskipun biasanya bergerak di lokasi, pada umumnya perlu dibongkar dan dimuat untuk mengangkut truk untuk transportasi antar lokasi. Untuk derek perayap, mereka memiliki kapasitas angkat dari 40 ton menjadi 3.500 ton.

Derek Loader
Biasa digunakan untuk memuat peralatan ke trailer, derek loader dengan lengan artikulasi bertenaga hidrolik yang dipasang ke trailer digunakan. Ketika crane tidak digunakan, banyak bagiannya dikumpulkan ke ruang terbatas.

Overhead Cranes
Juga dikenal sebagai crane yang ditangguhkan, ini dimaksudkan untuk mengangkat beban yang sangat berat dan paling sering digunakan di pabrik. Untuk ini, hoist diatur pada troli yang akan bergerak dalam satu arah sepanjang satu atau dua balok yang bergerak secara miring ke arah sepanjang trek yang ditinggikan atau permukaan tanah.

Aerial Cranes
Atau dikenal sebagai sky crane, mereka adalah helikopter yang digunakan untuk melayani sepenuhnya untuk beban yang sangat berat. Berguna ketika crane konvensional tidak dapat bekerja, crane ini telah berguna dalam mitigasi bencana dan operasi pemulihan risiko.

Floating Cranes
Biasanya digunakan dalam konstruksi saluran air seperti jembatan, pelabuhan dan bendungan, mereka dipasang di ponton atau di tongkang khusus. Ini adalah beberapa derek khas yang digunakan dalam konstruksi dan ada banyak derek lain seperti derek tetap, derek samping yang digunakan untuk fungsi tertentu. Tetapi satu hal yang konstan di setiap jenis crane adalah penegakan langkah-langkah keselamatan dan kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi untuk memastikan operasi yang sukses.

Begitulah sedikit penjelasan tentang Mobile Cranes¸ semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kita semua.



Bagikan

Jangan lewatkan

Penjelasan Singkat Tentang Mobile Crane - Crane Information
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.